Netsale Indonesia

8 Essential Marketing Terms that Online Business Owners should Know

Jika anda pemilik bisnis dengan skala kecil, menghabiskan hari dengan memberikan pengalaman konsumen yang menyenangkan akan membedakan bisnis anda dengan para pesaing, kualitas pelayanan servis saat ini harus menjadi kunci yang mengarahkan word of mouth di dunia maya yang jauh lebih effektif dari pada periklanan.

Hal ini tidak meninggalkan banyak waktu untuk tetap mengikuti perkembangan online marketing terbaru.

Untuk membantu mengarahkan anda berani menghadapi dunia baru seperti teknik pemasaran digital untuk UKM, serta menguraikan prinsip-prinsip kesuksesan bisnis Anda, kami telah menguraikan delapan istilah pemasaran yang harus ada dalam setiap kosakata yang anda harus ketahui sebagai pemilik usaha kecil.

Memahami “mengapa” dan “apa” yang akan membantu meningkatkan upaya pemasaran Anda dan kemampuan anda dalam menarik perhatian dan mempertahankan pelanggan yang berharga.

1/ Online presence (Toko Online)

APA: Kehadiran online anda (online shop) dimana-mana, info tentang bisnis anda akan ditemukan di aplikasi mobile apps.

MENGAPA: Di dunia yang terhubung saat ini, membangun keberadaan online yang benar sangat penting.

Konsumen cenderung mengambil keputusan pembelian setelah mengunjungi webiste bisnis anda. Menurut hasil penelitian dari lembaga market reseach Nielsen menemukan bahwa empat dari lima pengguna Yelp mengunjungi dan mereview webiste brand merek suatu produk/servis sebelum melakukan pembelian.

Baik saat mencari bisnis baru atau baru meneliti bisnis yang belum dikenal, pelanggan potensial akan menggunakan seacrh engines dan social platform untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Untuk membantu Anda memulai, berikut ini adalah 24 tempat gratis untuk mendaftarkan bisnis online anda.

2/ CTA

WHAT: call to action meminta pelanggan untuk melakukan sesuatu (Contohnya: Manfaatkan solusi kami!”, “Klik di sini untuk potongan 10%!”, “Ingin saran gratis lainnya? Hubungi kami sekarang! “).

Menguji CT yang berbeda sebagai bagian dari marketing akan membantu anda menemukan mana yang paling efektif untuk bisnis anda.

WHY: Untuk bisnis kecil, tidak masalah seberapa menarik kehadiran online Anda (online store) jika Anda tidak menampilkan call to action yang jelas.

Bahkan konsumen yang tertarik pun membutuhkan langkah instruksi berikutnya yang jelas dan mungkin intensif untuk melanjukan ke tahap selanjutnya.

3/ Conversion

Apa: Conversion merupakan step dari upaya marketing untuk menstimulus konsumen dalam mengambil keputusan/tindakan.

Conversion bisa dilakukan dengan email atau menelepon, tapi yang paling sering dengan pembelian langsung.

Mengapa: Marketing goal anda seharusnya untuk mengarahkan conversion. Anda harus memutuskan sebelumnya bagaimana Anda mendefinisikan conversion. Dengan cara ini Anda tahu apa yang harus dilacak dan apa yang sebetulnya ingin Anda capai.

Anda ingin meminimalkan penurunan antara seseorang yang melihat Anda online dan benar-benar melakukan pembelian. Pemasaran ulang dapat membantu mengatasi hal ini.

4/ Remarketing

WHAT: Remarketing is following up with consumers that have interacted with you or your marketing before.

APA: Remarketing sedang memfolow up dengan customer yang sudah berinteraksi dengan Anda atau memang anda sudah memasarankan sebelumnya.

Contohnya, mengirim email atau sms kepada pelanggan yang sudah ada dengan tujuan membangun loyalitas atau mendapatkan rujukan, umpan balik, dan ulasan.

WHY: Remarketing to your existing customer contacts is one of the most important online-marketing activities for small-business owners.

MENGAPA: Remarketing dengan mengontak customer anda yang sudah ada merupakan salah satu kegiatan marketing online terpenting bagi pemilik usaha kecil (small bisnis)

Customer itulah yang sudah mengetahui bisnis anda dan jauh lebih memungkinkan untuk enggage dan convert melalui marketing yang efektif.

5/ Referrals

APA: Referrals (Referensi) adalah pelanggan baru yang telah diarahkan ke bisnis Anda oleh pelanggan lainnya atau perusahaan lainnya.

MENGAPA: Rekomendasi tepercaya lebih kuat dan efektif daripada jenis iklan apa pun saat ini.

Dengan menggunakan pesan pemasaran ulang yang ditargetkan, Anda dapat mendorong jenis kata digital dari mulut ke mulut ini.

6/ CAC

WHAT: Customer acquisition cost refers to the dollar amount spent to acquire a new customer.

WHAT: Biaya perolehan pelanggan mengacu pada jumlah dolar yang dihabiskan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Misalnya, jika Anda bekerja dengan layanan pemasaran yang Anda bayar $ 1.000 dan karena pekerjaan mereka mereka memberikan lima pelanggan baru, CAC dari upaya pemasaran ini adalah $ 1.000 / 5 = $ 200 per pelanggan.

MENGAPA: Sasaran akhir Anda adalah pelanggan tetap dan pendapatan baru. Penting untuk anda dalam memahami berapa upaya biaya marketing Anda untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini akan membantu Anda mengevaluasi upaya pemasaran Anda.

Pastikan Anda tahu tentang CAC saat bekerja dengan layanan pemasaran.

7/ CLTV

APA: Customer lifetime value adalah nilai dolar (profit yang didapat dari customer) dari hubungan pelanggan – berdasarkan pada total keuntungan yang Anda harapkan dari klien selama waktu mereka berbisnis dengan anda.

Jadi, jika layanan Anda berbiaya $ 50 dan pelanggan umumnya membeli layanan ini lima kali sepanjang hidup mereka, nilai dolar gabungan dari semua transaksi ini, atau CLTV, adalah $ 50 x 5 = $ 250

MENGAPA: CLTV adalah konsep penting dalam pemasaran, karena menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk pemasaran Anda.

Secara umum, setiap upaya pemasaran di mana CLTV lebih tinggi dari CAC memberikan pengembalian investasi Anda, dan Anda harus terus berinvestasi.

Jadi jangan hanya melihat pemasaran dalam hal biaya tetapi bagaimana hal itu menambah garis bawah Anda dalam jangka panjang juga!

8/ Cloud computing

APA: Cloud computing, kadang-kadang disebut perangkat lunak sebagai layanan atau layanan perangkat lunak berbasis web, berarti layanan bisnis seperti email, penyimpanan, atau akuntansi yang disediakan melalui Internet.

Menggunakan cloud semakin populer di kalangan pemilik UKM karena lebih terjangkau dan memudahkan untuk memperbarui layanan.

MENGAPA: Menggunakan komputasi awan untuk pemasaran Anda adalah pendekatan cerdas karena terjangkau dan membuatnya mudah untuk memperbarui dan mengintegrasikan layanan apa pun.

 [vc_separator color=”orange” align=”align_left” style=”dashed”][vc_column_text]Netsale lets you find products from thousands of suppliers worldwide, add them to your store and ship them directly to your customers. No inventory, no risk. Let’s start dropshipping!

Hotline:

Email address: support@netsale.asia/indo

[/vc_column_text]

[vc_row][vc_column][vc_column_text][/vc_column_text][/vc_column]

WANT TO LEARN MORE?